Featured

the mezz 2. Diberdayakan oleh Blogger.

0 9 Rahasia Memancing Kreativitas yang Super Luar Biasa

Entah ke mana perginya kreativitas. Sementara deadline di depan mata. Banyak orang mengaku menjadi kreatif ketika berada di bawah tekanan. Namun, studi menunjukkan sebaliknya. Orang menjadi paling tidak kreatif ketika harus berjuang memenuhi target deadline.


Mengapa? Tenggat waktu tidak menciptakan suasana kondusif bagi kreativitas karena Anda tidak memiliki waktu untuk memikirikan masalah secara mendalam. Sebagian besar ide justru muncul setelah Anda diberi cukup waktu untuk membiarkan benih ide itu ‘meresap’ ke dalam pikiran dan berkembang sampai matang.



Berikut ini 9 jurus bagaimana memancing kreativitas:

1. Tanya Mengapa?
Coba tanyakan pada diri sendiri , mengapa kreativitas mandek. Lalu, cari 6 alasannya. Untuk setiap alasannya, tanyakan kembali mengapa hal ini bisa terjadi? Teruslah bertanya pada diri sendiri.
Hal ini akan membantu Anda untuk lebih mengerti berbagai alasan mengapa Anda bisa mati ide. Dengan begitu, Anda bisa menemukan berbagai jalan keluar.


2. Talk To A Stranger
Bahkan jika Anda introvert sekalipun. Dengan bicara pada orang yang tidak dikenal, otak dilatih berpikir cepat mencari bahan pembicaraan. Ini bisa membantu Anda membangkitkan ide.

Siap mencoba? Mulai sekarang coba buat obrolan kecil dengan orang yang tidak dikenal di pesta, supermarket, toko buku atau saat nonton film di bioskop. Hitung-hitung menambah teman dan memperluas networking juga, bukan?

3. Buka Kamus
Pilih kata apa pun secara acak. Tuliskan 6 kata yang berhubungan dengan kata tersebut. Misalnya, pohon. Kata yang berhubungan adalah akar, ranting, jenis, apel, batang pohon dan tinggi. Setelah itu, coba ciptakan hubungan antara kata-kata tersebut dengan masalah yang Anda hadapi untuk menciptakan suatu ide segar. Hal ini sudah terbukti berhasil, baik untuk individu maupun kelompok.


4. Think Like Celebrity
Coba cari tahu, bagaimana para selebriti menghadapi masalah saat kreativitas mereka mentok? Apa yang akan dilakukan Sherlock Holmes ketika kehabisan ide? Temukan pendekatan individual tokoh idola Anda dalam memecahkan masalah dan membangkitkan kreatifitas. Hal ini mungkin dapat memberikan Anda jalur keluar atau inspirasi yang cukup radikal.

5. Berlibur Bersama Laptop
Kalau kreatifitas sudah benar-benar buntu, ambil cuti satu hari dan bawa laptop Anda jalan-jalan. Anda bisa pergi ke pedesaan, taman kota, coffee shop, atau pekarangan vila teman. Di sana Anda tak perlu melakukan latihan mencari ide dan kreatifitas. Cukup lihat sekeliling. Biarkan pikiran Anda bertualang. Dan, biarkan kreativitas itu muncul secara alami.

6. Lihat Benda Seni
Merenungkan masalah yang Anda hadapi sambil berjalan-jalan di galeri seni atau museum, juga bisa dicoba. Stimuli eksternal di wilayah yang penuh kreativitas ini akan dapat merenangsang otak menciptakan ide baru.

7. Menyepi di Keramaian
Anda datang ke mal bukan untuk berbelanja, melainkan menyenangkan hati agar bisa mendapatkan ide. Mungkin cara itu bisa membuat Anda melahirkan sebuah ide (karena pikiran Anda sedang senang), tapi bisa juga tidak (karena Anda malah sibuk berbelanja).

Ada cara lain yang lebih menarik dan bisa mendatangkan banyak ide kreatif. Duduk atau berdirilah di suatu tempat yang nyaman di keramaian mal. Lalu, amatilah orang-orang yang lau lalang di depan Anda. Memang cara ini tidak seperti Anda sedang meningkatkan kreatifitas atau produktifitas. Namun, otak tetap bekerja. Pasti ada sesuatu yang Anda dapat dari pengamatan tersebut. Kalau beribu-ribu ide cemerlang bisa lahir di kamar mandi atau teman, mengapa di mal tidak?

8. Buat Cerita
Gambarkan situasi permasalahan dalam bentuk karton yang menggambarkan orang- orang yang terlibat serta masalah-masalahnya. Gantungkan di dinding dan bayangkan bagaimana ceritanya akan berkembang. Bayangkan semuanya seperti potongan cerita kartun.

Kabanyakan otak manusia bekerja dengan lebi baik dengan gambar dibandingkan dengan kata-kata atau angka. Jadi cara ini dapat membawa Anda kepada suatu ide yang fantastis.

9. Berandai-Andai
Pikirkan masalah lain dalam hidup yang mirip dengan masalah yang Anda hadapi sekarang. Misalnya, Anda tak puny ide untuk membuat rekan kerja atau staf bekerja menggunakan metode baru. Cobalah bayangkan kejadian lain yang mirip.

Misalnya, betapa sulitnya mengajak keponakan Anda untuk memakan sayuran. Pikirkan cara-cara yang dapat dilakukan untuk membujuk keponakan memakan sayuran. Dari cara-cara tersebut, lihat apa ada yang dapat digunakan sebagai jalan keluar untuk permasalahan Anda.

Bagaimana? Cukup mudah dan sederhana bukan? Ternyata kreatifitas itu tidak datang dengan sendirinya, perlu usaha rutin dan sungguh-sungguh untuk memunculkannya...

sumber : kolom-inspirasi.blogspot.com
Read more

0 Inilah Cara Kerja Touch Screen / Layar Sentuh

hay hay pada posting sebelumnya saya sudah membahas sejarah touch screen, kali ini saya akan memberikan informasi CARA KERJA TOUCH SCREEN.....
CEKIDOT.... :DD
Mengnali bagaimana cara kerja layar sentuh dapat membantu untuk merawat dan membedakan jenis-jenis layar sentuh pada handphone jaman sekarang ini. Ada 3 jenis, yaitu resistive, capacitive dan surface acoustic wave system.

1. Resistive Screen

Sistem resistif layarnya dilapisi oleh lapisan tipis berwarna metalik yang bersifat konduktif dan resistif terhadap sinyal-sinyal listrik. Maksud dari lapisan yang bersifat konduktif adalah lapisan yang bersifat mudah menghantarkan sinyal listrik, sedangkan lapisan resistif adalah lapisan yang menahan arus listrik.

Kedua lapisan ini dipisahkan oleh sebuah bintik-bintik transparan pemisah, sehingga lapisan ini pasti terpisah satu sama lain dalam keadaan normal. Pada lapisan konduktif tersebut juga mengalir arus listrik yang bertugas sebagai arus referensi.

haxims.blogspot.com


Ketika terjadi sentuhan kedua lapisan ini akan dipaksa untuk saling berkontak langsung secara fisik. Karena adanya kontak antara lapisan konduktif dan resistif maka akan terjadi gangguan pada arus listrik referensi tersebut.

Efek dari gangguan ini pada lapisan konduktif adalah akan terjadi perubahan arus-arus listriknya sebagai reaksi dari sebuah kejadian sentuhan. Perubahan nilai arus referensi ini kemudian dilaporkan ke controllernya untuk di proses lebih lanjut lagi.

Informasi sentuhan tadi diolah secara matematis oleh controller sehingga menghasilkan sebuah koordinat dan posisi yang akurat dari sentuhan tersebut. Kemudian informasi diintegrasikan dengan program lain sehingga menjadi aplikasi yang mudah digunakan.

Layar dengan teknologi ini memiliki tingkat kejernihan gambar sebesar 75% saja, sehingga monitor akan tampak kurang jernih. Touch sensor jenis ini sangat rentan dan lemah terhadap sentuhan benda-benda yang agak tajam.

Teknologi ini tidak akan terpengaruh oleh elemen-elemen lain di luar seperti misalnya debu atau air, namun akan merespon semua sentuhan yang mengenainya, baik itu menggunakan jari tangan langsung maupun menggunakan benda lain seperti stylus. Sangat cocok digunakan untuk keperluan di dalam dunia industri seperti di pabrik, laboratorium, dan banyak lagi.

Definisi sederhananya:

Layar yang cara kerjanya harus ditekan, dapat menggunakan jari atau benda apapun yg ditekankan di layar. Kelemahan untuk layar ini adalah jika diletakkan dikantong (terutama kantong celana), bisa tertekan-tekan dan mengakibatkan layar jadi gampang rusak karena sering tertekan.

Indoor: sangat baik
Outdoor: kurang optimal

Contoh HP yg menggunakan layar resistif adalah Samsung Star, Sony Erricson W950. Siri-cirinya adalah dengan disertakan stylus didalam paket HP-nya. Pilihlah wadah yang menggunakan model flip, jadi layar dapat terlindung dari tekanan. Sebaliknya tidak disarankan menggunakan wadah HP model pouch.


2. Capacitive Screen

Sistem kapasitif memiliki sebuah lapisan pembungkus yang merupakan kunci dari cara kerjanya, yaitu pembungkus yang bersifat capasitive pada seluruh permukaannya. Panel touchscreen ini dilengkapi dengan sebuah lapisan pembungkus berbahan indium tinoxide yang dapat meneruskan arus listrik secara kontiniu untuk kemudian ditujukan ke sensornya.

haxims.blogspot.com


Lapisan ini dapat memanfaatkan sifat capacitive dari tangan atau tubuh manusia, maka dari itu lapisan ini dipekerjakan sebagai sensor sentuhan dalam touchscreen jenis ini. Ketika lapisan berada dalam status normal (tanpa ada sentuhan tangan), sensor akan mengingat sebuah nilai arus listrik yang dijadikan referensi.

Ketika jari tangan Anda menyentuh permukaan lapisan ini, maka nilai referensi tersebut berubah karena ada arus-arus listrik yang berubah yang masuk ke sensor. Informasi dari kejadian ini yang berupa arus listrik akan diterima oleh sensor yang akan diteruskan ke sebuah controller. Proses kalkulasi posisi akan dimulai di sini.

Kalkulasi ini menggunakan posisi dari ke empat titik sudur pada panel touchscreen sebagai referensinya. Ketika hasil perhitungannya didapat, maka koordinat dan posisi dari sentuhan tadi dapat di ketahui dengan baik. Akhirnya informasi dari posisi tersebut akan diintegrasikan dengan program lain untuk menjalankan sebuah aplikasi.

Capasitive touchscreen baru dapat bekerja jika sentuhan-sentuhan yang ditujukan kepadanya berasal dari benda yang bersifat konduktif seperti misalnya jari. Tampilan layarnya memiliki kejernihan hingga sekitar 90%, sehingga cocok untuk digunakan dalam berbagai keperluan interaksi dalam publik umum seperti misalnya di restoran, kios elektronik, lokasi Point Of Sales, dsb.

Definisi sederhananya:

Harus dengan sentuhan jari, tidak dapat menggunakan benda lain (kuku, stylus, dsb). Karena layar ini bekerja dengan memanfaatkan muatan listrik yang ada ditubuh kita. Layar sentuh model kapasitif ini hampir tidak memiliki kelemahan yang berarti, karena layar ini adalah pengembangan terbaru untuk menggantikan layar resistif.

Indoor: sangat baik
Outdoor: sangat baik

Keunggulannya: layar jenis ini tidak terpengaruh terhadap tekanan, jadi walaupun HP diletakkan dikantong tidak menjadi masalah. Penggunaan wadah model pouch bisa dikategorikan aman. Ciri-cirinya adalah tidak disertakan stylus didalam paket HP-nya. Contoh HP yg menggunakan layar kapasitif adalah Samsung Corby Touchscreen, iPhone.


3. Surface Acoustic Wave System

Teknologi touchscreen ini memanfaatkan gelombang ultrasonik untuk mendeteksi kejadian di permukaan layarnya. Di dalam monitor touchscreen ini terdapat dua tranduser, pengirim dan penerima sinyal ultrasonik.

Selain itu dilengkapi juga dengan sebuah reflektor yang berfungsi sebagai pencegah agar gelombang ultrasonic tetap berada pada area layar monitor.

Kedua tranduser ini dipasang dalam keempat sisi, dua vertikal dan dua horizontal. Ketika panel touchscreen-nya tersentuh, ada bagian dari gelombang tersebut yang diserap oleh sentuhan tersebut, misalnya terhalang oleh tangan, stylus, tuts, dan banyak lagi. Sentuhan tadi telah membuat perubahan dalam bentuk gelombang yang dipancarkan.

haxims.blogspot.com


Perubahan gelombang ultrasonik yang terjadi kemudian diterima oleh receiver dan diterjemahkan ke dalam bentuk pulsa-pulsa listrik. Selanjutnya informasi sentuhan tadi berubah menjadi sebentuk data yang akan di teruskan ke controller untuk diproses lebih lanjut.

Data yang dihasilkan dari sentuhan ini tentunya adalah data mengenai posisi tangan Anda yang menyentuh sinyal ultrasonik tersebut. Jika ini dilakukan secara kontinyu dan terdapat banyak sekali sensor gelombang ultrasonic pada media yang disentuhnya, maka jadilah sebuah perangkat touchscreen yang dapat Anda gunakan.

Teknologi ini tidak menggunakan bahan pelapis metalik melainkan sebuah lapisan kaca, maka tampilan dari layar touchscreen jenis ini mampu meneruskan cahaya hingga 90 persen, sehingga lebih jernih dan terang dibandingkan dengan Resistive touchscreen.

Tanpa adanya lapisan sensor juga membuat touchscreen jenis ini menjadi lebih kuat dan tahan lama karena tidak akan ada lapisan yang dapat rusak ketika di sentuh, ketika terkena air, minyak, debu, dan banyak lagi.

Kelemahannya kinerja dari touchscreen ini dapat diganggu oleh elemen-elemen seperti debu, air, dan benda-benda padat lainnya. Sedikit saja terdapat debu atau benda lain yang menempel di atasnya maka touchsreen dapat mendeteksinya sebagai suatu sentuhan.

Touchscreen jenis ini cocok digunakan pada ruangan training komputer, keperluan dalam ruangan untuk menampilkan informasi dengan sangat jernih dan tajam dan saat presentasi dalam ruangan.


Multi Touchscreen

Multi layar sentuh adalah pengembangan dari teknologi layar sentuh yang sudah ada. Dari arti kata “multi” yang berarti banyak, sudah terlihat bahwa keunggulan layar sentuh ini dapat disentuh oleh lebih dari satu jari. Layar multi sentuh ini mampu disentuh oleh puluhan jari dari orang yang berbeda-beda secara bersamaan.

Layar multi sentuh ini dapat digunakan untuk membesarkan, mengecilkan, mengubah posisi, dan memindahkan posisi objek pada layar monitor seperti foto atau games.

Sumber: http://portalentri.blogspot.com/2011/12/inilah-cara-kerja-touch-screen-layar.html#ixzz1nESgqhwY
Read more

0 Sejarah ditemukannya Touch Screen atau Layar Sentuh

Waaaaahhh sudah lama sekali saya tidak posting di blog ini..... :)
yaa maklum lah lagi di sibukin sama tugas sekolah....
tugasnya segudang brad... *lebayy
tapi namanya juga pelajar kita harus menjalankannya dengan IKHLAS, betul?... hahahaha
sebenarnya hari ini saya lagi BT banget karna nilai BIOLOGI, FISIKA, INGGRIS saya turun...
untuk menenangkan fikiran saya pergi aja ke warnet, siapa tau hilang bad mood nya hahaha
and semoga semangat belajar saya kembali lagi dan makin baik tentu nya,,,, AMIN,,,

OK itu sedikit cerita dariku,
maaf terlalu banyak basa-basi... sekarang kita mulai ke pembahasan kali ini....
Tahukah anda tentang Layar sentuh atau nama kerennya TOUCH SCREEN (pastilah pada tau)
nah sekarang saya akan membahas asal mula ditemukannya TOUCH SCREEN okay langsung aja di CEKIDOTt........ :D

Pada tahun 1971, pertama kali “Touch Sensor” ini dikembangkan oleh Doktor Sam Hurst (pendiri Elographics) sekaligus sebagai seorang instruktur di University of Kentucky. Sensor ini disebut “Elograph,” dan telah dipatenkan oleh University of Kentucky Research Foundation. “Elograph” ini tidak transparan seperti touchscreens modern, namun demikian elograph telah menjadi tonggak sejarah yang signifikan dalam teknologi touchscreen. Pada tahun 1974 touchscreen pertama sesunggunya yang telah dilengkapi dengan permukaan transparan dikembangkan oleh Doktor Sam Hurst dan Elographics. Pada tahun 1977 Elographics dikembangkan dan dipatenkan dengan teknologi lima-kawat resistif, yaitu teknologi touchscreen yang paling populer digunakan saat ini.
Sam Hurst (pendiri Elographics) (kiri)
Touch Sensor
Touchscreens akhirnya menjadi hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Perusahaan menggunakan layar sentuh untuk sistem kios dalam pengaturan penjualan ritel dan pariwisata, pusat penjualan, ATM, dan PDA, di mana stylus kadang-kadang digunakan untuk memanipulasi GUI dan untuk memasukkan data. Popularitas ponsel pintar, PDA, game konsol portabel dan berbagai jenis peralatan informasi telah mendorong permintaan dan penerimaan touchscreens.

HP150 (1983)

HP-150 dari tahun 1983 telah menjadi salah satu komputer paling awal di dunia touchscreen komersial. Sesungguhnya tidak memiliki touchscreen dalam artian sempit, melainkan ia memiliki tabung CRT Sony 9″ yang dikelilingi oleh pemancar dan penerima infra merah, yang mendeteksi posisi setiap obyek non-transparan di layar.

Awalnya touchscreens yang semula hanya bisa merasakan satu titik kontak pada satu waktu, dan hanya memiliki sedikit kemampuan untuk merasakan seberapa keras seseorang menyentuh. Kini telah mulai berubah dengan komersialisasi dengan teknologi multi-touch.

PC tablet yang digagas oleh apel komputer dan diikuti oleh merek-merek terkenal dunia lainnya telah menjadikan touchscreen multi-touch menjadi interface utama dengan berbagai kemampuan yang disediakannya.

Jenis Jenis Touchscreen

1. Resistive Screen

Sistem resistif layarnya dilapisi oleh lapisan tipis berwarna metalik yang bersifat konduktif dan resistif terhadap sinyal-sinyal listrik. Maksud dari lapisan yang bersifat konduktif adalah lapisan yang bersifat mudah menghantarkan sinyal listrik, sedangkan lapisan resistif adalah lapisan yang menahan arus listrik.

Kedua lapisan ini dipisahkan oleh sebuah bintik-bintik transparan pemisah, sehingga lapisan ini pasti terpisah satu sama lain dalam keadaan normal. Pada lapisan konduktif tersebut juga mengalir arus listrik yang bertugas sebagai arus referensi.

Ketika terjadi sentuhan kedua lapisan ini akan dipaksa untuk saling berkontak langsung secara fisik. Karena adanya kontak antara lapisan konduktif dan resistif maka akan terjadi gangguan pada arus listrik referensi tersebut.

Efek dari gangguan ini pada lapisan konduktif adalah akan terjadi perubahan arus-arus listriknya sebagai reaksi dari sebuah kejadian sentuhan. Perubahan nilai arus referensi ini kemudian dilaporkan ke controllernya untuk di proses lebih lanjut lagi.

Informasi sentuhan tadi diolah secara matematis oleh controller sehingga menghasilkan sebuah koordinat dan posisi yang akurat dari sentuhan tersebut. Kemudian informasi diintegrasikan dengan program lain sehingga menjadi aplikasi yang mudah digunakan.

Layar dengan teknologi ini memiliki tingkat kejernihan gambar sebesar 75% saja, sehingga monitor akan tampak kurang jernih. Touch sensor jenis ini sangat rentan dan lemah terhadap sentuhan benda-benda yang agak tajam.

Teknologi ini tidak akan terpengaruh oleh elemen-elemen lain di luar seperti misalnya debu atau air, namun akan merespon semua sentuhan yang mengenainya, baik itu menggunakan jari tangan langsung maupun menggunakan benda lain seperti stylus. Sangat cocok digunakan untuk keperluan di dalam dunia industri seperti di pabrik, laboratorium, dan banyak lagi.
Contoh HP yg menggunakan layar resistif adalah Samsung Star, Sony Erricson W950.

2. Capacitive Screen
Sistem kapasitif memiliki sebuah lapisan pembungkus yang merupakan kunci dari cara kerjanya, yaitu pembungkus yang bersifat capasitive pada seluruh permukaannya. Panel touchscreen ini dilengkapi dengan sebuah lapisan pembungkus berbahan indium tinoxide yang dapat meneruskan arus listrik secara kontiniu untuk kemudian ditujukan ke sensornya.
Lapisan ini dapat memanfaatkan sifat capacitive dari tangan atau tubuh manusia, maka dari itu lapisan ini dipekerjakan sebagai sensor sentuhan dalam touchscreen jenis ini. Ketika lapisan berada dalam status normal (tanpa ada sentuhan tangan), sensor akan mengingat sebuah nilai arus listrik yang dijadikan referensi.

Ketika jari tangan Anda menyentuh permukaan lapisan ini, maka nilai referensi tersebut berubah karena ada arus-arus listrik yang berubah yang masuk ke sensor. Informasi dari kejadian ini yang berupa arus listrik akan diterima oleh sensor yang akan diteruskan ke sebuah controller. Proses kalkulasi posisi akan dimulai di sini.

Kalkulasi ini menggunakan posisi dari ke empat titik sudur pada panel touchscreen sebagai referensinya. Ketika hasil perhitungannya didapat, maka koordinat dan posisi dari sentuhan tadi dapat di ketahui dengan baik. Akhirnya informasi dari posisi tersebut akan diintegrasikan dengan program lain untuk menjalankan sebuah aplikasi.

Capasitive touchscreen baru dapat bekerja jika sentuhan-sentuhan yang ditujukan kepadanya berasal dari benda yang bersifat konduktif seperti misalnya jari. Tampilan layarnya memiliki kejernihan hingga sekitar 90%, sehingga cocok untuk digunakan dalam berbagai keperluan interaksi dalam publik umum seperti misalnya di restoran, kios elektronik, lokasi Point Of Sales, dsb.
Contoh HP yg menggunakan layar kapasitif adalah Samsung Corby Touchscreen, iPhone.

3. Surface Acoustic Wave System
Teknologi touchscreen ini memanfaatkan gelombang ultrasonik untuk mendeteksi kejadian di permukaan layarnya. Di dalam monitor touchscreen ini terdapat dua tranduser, pengirim dan penerima sinyal ultrasonik.

Selain itu dilengkapi juga dengan sebuah reflektor yang berfungsi sebagai pencegah agar gelombang ultrasonic tetap berada pada area layar monitor.

Kedua tranduser ini dipasang dalam keempat sisi, dua vertikal dan dua horizontal. Ketika panel touchscreen-nya tersentuh, ada bagian dari gelombang tersebut yang diserap oleh sentuhan tersebut, misalnya terhalang oleh tangan, stylus, tuts, dan banyak lagi. Sentuhan tadi telah membuat perubahan dalam bentuk gelombang yang dipancarkan.
Perubahan gelombang ultrasonik yang terjadi kemudian diterima oleh receiver dan diterjemahkan ke dalam bentuk pulsa-pulsa listrik. Selanjutnya informasi sentuhan tadi berubah menjadi sebentuk data yang akan di teruskan ke controller untuk diproses lebih lanjut.

Data yang dihasilkan dari sentuhan ini tentunya adalah data mengenai posisi tangan Anda yang menyentuh sinyal ultrasonik tersebut. Jika ini dilakukan secara kontinyu dan terdapat banyak sekali sensor gelombang ultrasonic pada media yang disentuhnya, maka jadilah sebuah perangkat touchscreen yang dapat Anda gunakan.

Teknologi ini tidak menggunakan bahan pelapis metalik melainkan sebuah lapisan kaca, maka tampilan dari layar touchscreen jenis ini mampu meneruskan cahaya hingga 90 persen, sehingga lebih jernih dan terang dibandingkan dengan Resistive touchscreen.

Tanpa adanya lapisan sensor juga membuat touchscreen jenis ini menjadi lebih kuat dan tahan lama karena tidak akan ada lapisan yang dapat rusak ketika di sentuh, ketika terkena air, minyak, debu, dan banyak lagi.

Kelemahannya kinerja dari touchscreen ini dapat diganggu oleh elemen-elemen seperti debu, air, dan benda-benda padat lainnya. Sedikit saja terdapat debu atau benda lain yang menempel di atasnya maka touchsreen dapat mendeteksinya sebagai suatu sentuhan.

Touchscreen jenis ini cocok digunakan pada ruangan training komputer, keperluan dalam ruangan untuk menampilkan informasi dengan sangat jernih dan tajam dan saat presentasi dalam ruangan.

gimana informasi kali ini?
semoga bermanfaaf..... :))
sumber : www.kaskus.us
Read more

0 Dirly - sampai ke ujung dunia

Cinta ini menggelisahkan aku
Membuat aku gila
Andai kita terpisah
Mati rasa-rasaku…
Cinta ini membodohkan aku
Menutup akal sehatku
Andai engkau tak di sisi
Risau isi jiwaku
* Selama kau belum jadi
Milikku yang utuh
Aku akan slalu milikimu
Selama bumi masih kan terus berputar
Aku akan selalu menujumu
Walau ke ujung dunia
Cinta ini membodohkan aku
Menutup akal sehatku
Andai kita terpisah
Mati rasa-rasaku…
Back to *

Read more

0 TUGAS TIK MERANGKUM BAB 8

Dirangkum oleh :        Dhea Rizki Nurjanah
                                       Fadila
                                       Nurhayati
                                       Yusa Albiansyah
Kelas                    :        XI IPA 1


A.Perangkat unak Untuk Pembuatan Halaman Web

             Situs web adalah lokasi di internet yang menyajikan kumpulan informasi dengan menampilkan profil pemiliknya, baik pribadi maupun institusi sehingga dapat di kunjungi dan di baca oleh pengguna internet.
            Prangkat lunak yang sering digunakan dalam pembuata web page , antara lain sebagai berikut.
  • Internet exploler atau netscape comunicator sebagai browser.
  • Microskop FrontPage, CoffeCup, Evrsoft First Page, Macromedia Dreamweaver sebagai HTML editor
  • Macromedia flash, Adobe Images Styler, Adobe Photoshop, sebagai software animasi
  • Program FTP (File Transfer Protocol) misalnya WS_FTP untuk proses upload

            Untuk menbuat Homepage sederhana seperti dalam pembahasan buku ini, kita menggunakan Microsft FrontPage sebagai HTML editor.

B.Membuat Halaman Web Kosong

            Cara pembuatan halaman web sederhana dan strukturnya menggunakan program aplikasi FrontPage.cara membuat halaman web yang kosong tanpa format dengan cara sebagai berikut.
  1.  Buka Microsoft FrontPage
  2.  Klik menu File,New,Page or web.task pane New Page or Web akan ditampilka.
  3. Membuat halaman web baru pilih salah satu cara berikut :
a.       klikBlank Page pada task Pane New Page or Web
b.      klik page Templates untuk membuat halaman kosong tanpa format khusus,pilih Normal Page,klik Ok.
c.       Pilih One Page Web,klik One Page Web,klik Ok.
     Cara menyusun web site dengan navigation sebagai berikut :
1)      Klik menu File, New Page or Web
2)      Pada task pane New Page or Web klik One Page or Web
3)      Klik View
4)      Pilih New,Page,hasilnya akan ditampilkan
5)      Ubah nama new page 1 dengan profile.caranya klik new page 1 ketik profile,tekan enter.
6)      Ulangi langkah penambahan baru.
7)      Halaman layanan,diberi sub halaman yaitu promosi web,desain web,domain,dan hosting.

C.Membuat Navigasi Web
            Navigasi web adalah sistem yang menghubungkan halaman web ke halaman web lain melalui hyperlink membentuk struktur situs web.hyperlink adalah teks atau gambar yang jika diklik akan mengantarkan pengunjung web site ke halaman web lainya.


1.Membuat hiperlink pada halaman web secara manual
            Hyperliunk dapat dibuat dengan mudah.berikut ini akan di jelaskan cara menghubungkan halaman web ke halaman web lainnya dengan hyperlink
a.       Buka halaman index.htm.
b.      Tambahkan teks pada halaman web dengan cara diketikan seperti layaknnya kamu bekerja dengan MS
c.       Sorot atau blok teks home  kemudian klik tombol insert hyperlink pada toolbar atau klik menu Insert Hyperlink.kotak dialog insert hyperlink akan di tampilkan.
d.      Pilih File index.htm pada kolom addres akan tampil halaman index.htm
e.       Lanjutkan dengan cara yang sama, untuk teks profile, sorot teks profile, klik tombol Insert tombol Hyperlink.
f.       Klik profile,klik Ok.
g.      Ulangi langkah-langkah tersebut.
h.      Simpan halaman dsengan klik Menu File, Save.
i.        Ulangi langkah 1-7 untuk menambahkan hyprlink pada halaman selain index yaitu profile.htm,layanan.htm, hubungikami.htm,dan klien.htm.

2.membuat hyprlink halaman web secara otomatis
     a.hyperlink halaman home atau level pertama
cara untuk membuat hyperlink pada level pertama adalah :
1)      Kosongkan hyperlink pada masing-masing halaman web(index.htm,profile.htm,layanan.htm, dan seterusnya.)
2)      Pembuayan hyperlink otomatis dimulai dari halaman index.buka halaman indrx.htm
3)      Tambahkan hyperlink pada bagian kiri halaman index dengan cara:
a.       Klik menu Insert,Navigation.kotak dialog Insert Web Component akan ditampilkan.pada Component type, pilih Link bars.
b.      Pilih Bar Based on navigationb structure dibagian chosse a bar type, kemudian klik tombol next.
c.       Klik Next.
d.      Pilih halaman dengan link tersusun vertikal pada choose an orientation,kemudian klik Finish.
e.       Pada tab general,pilih chiled level dan pilih home page untuk bagian aditional pages .
f.       Jika klik Find Componen on the web akan terhubung ke web browser yang menampilkan halaman Microsoft Officer Update di internet.
g.      Klik Ok.
                 


    b.Hypelink Halaman  Level kedua
cara menambahkan navigasi untuk halaman Profil, Layanan, Hubungi kami, dan Klien yang berada level kedua adalah sebagai berikut:
1)            Buka halaman profil.htm dengan klik dua kali pada file tersebut.
Halaman profil.htm akan terbuka.
2)            Klik menu insert, Navigation.
3)            Pilih Bar based on navigation structure,klik Next. Pilihan Choose akan a bar style akan di tampilkan. Pilih use pages theme.klik next
4)            Pilih vertikal, lalu klik Finish kotak dialog Link Bar Propeties ditampilkan.
5)            Untuk memudahkan membuat menu navigasi,cukup dengan menggunakan copy menu navigasi pada halaman Profile. Kemudian klik paste.

c.Hyperlink Halaman Ketiga
 Halaman layanan mempunyai 4 subhalaman,yaitiPromosi Web, Desain Web, Domain, dan Hosting.

Untuk menambah menu navigasi
1)      Buka halaman promosi Web dengan klik 2kali pada file promosi web.htm.
2)      pilih  Parent Level dan Home Page.
3)      Klik tombol OK
4)      Klik finish sehingga kotak dialog akan Link Bar Propetias ditampilkan. Pilih Same level.
5)      Klik OK
6)      Untuk halaman lain yang satu level dengan halaman  Promosi Web,copy menu navigasi vertikal maupun horizontal dan paste ke masing-masing halaman
7)      Pada halaman Layanan ,tambahkan menu navigasi horizontal.
  
3.Mengedit Navigasi Web
    Untuk menambah halaman, tampilkan area kerja Navigation lalu klik kanan pada kotak halaman yang berada pada level di atasnya. Pilih New, Page or Web. Untuk menghapusnya, pilih kotak dhalaman dan klik tombol Delet.
    Menu link pada halaman web dapat di ubah tampilannya menggunakan Link Bar Propeties.link pada halaman web dapat dinonaktifkan dengan memilih Included in Navigation Bars.

 D .Format CSS
CSS(Cascanding Style Sheet) merupakan bahasa scrifting yang digunakan untuk mengatur format dokumen.

1.Pengenalan Style Sheep
 Style sheep merupakan fitur yang sangat penting dalam membuat Dynamic HTML.style sheet digunakan untuk mengontrol style-style efek yang ada. Disebut juga sebagai Template . kamu dapat menggunakan style sheep yang mendefinisikan style untuk <h1> (heading1) dengan huruf  tebal dan berwarna biru atau pada tag <p> (paragraf) yang ditampilkan sebagai jarak antar teks yang lebih lebar dibanding sebelumnya.

2.Menggunakan CSS pada halaman web
Style-style yang akan digunakan untuk format teks dapat dimasukan dalam script CSS. SINTAKS ialah penulisan printah pada program tag dibuat dengan menuliskan printah diantara dua tanda kurung sudut “<” dan “>” .tag penutup ditambahkan tanda garis miring”/” misal <b> huruf tebal  </b> akan dibaca oleh web sebagai huruf tebal. Halaman web dapat ditampilkan melalui tiga cara yaitu normal (untuk mengedit halaman), HTML (untuk melihat html code), dan Preview dibagian bawah jendela FrontPage.

3.CSS Pada File terpisah

Penerapan CSS yang diletakkan pada bagian Head setiap halaman web tampaknya kurang praktis.hal ini sangat terasa ketika style-style yang digunakan cukup banyak.Apabila trejadi perubahan style-style tersebut,kamu harus mengganti style-style pada setiap halaman web.

E.Membuat table untuk web

Kendala yang umum ditemukan saat mendesain web adalah penempatan objek-objek secara bebas pada halaman web.Pada prinsipnya,lay out menggunakan table bertujuan untuk membatasi halaman web. Tabel tersebut akan dibagi-bagi kedalam sel. Posisi dan ukuran akan disesuaikan dengan kebutuhan.

F. Grafis atau Gambar Untuk Web

Jenis file gambar yang sering digunakan untuk web adalah GIF,JPEG,dan PNG.Masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kelemahan.
·   GIF (Graphics Interchange Format) merupakan format file yang biasa digunakan untuk menampilkan gambar dengan model warna index-color
·   JPEG (Joint Photografic Experts Group) merupakan format file yang biasa digunakan un tuk menampilkan gambar foto di dokumen HTML.
·   PNG (Portable Network Graphics) merupakan format file yang tepat diggunakan utuk menampilkan gambar pada halaman web.

G. Membuat NAma Domain dan Hosting

Domain dan web hosting adalah dua yhal yang tidak dapat dipisah jika bekerja dengan web site.
Nama domain atau Domain Name System (DNS) adalah sebuah nama di internet. Setiap computer yang terhubung ke internet memiliki sebuah alamat yang unik, artinya alamat computer yang satu dengan yang lainnya tidak sama. Alamat ini dikenal dengan istilah IP (Internet Protocol) address  atau alamat IP. Alamat IP adalah serangkaian nomor unik. Alamat IP adalah sesuatu ang sulit di ingat. Oleh karena itu system DNS diciptakan.
Jika di analogikan, DNS adalah nama alias dari sebuah alamat IP.

H. Mendaftarkan Alamat Domain ke Provider Web Hosting

1.Kriteria yang Dipertimbangkan dalam Memilih Web Hosting
Ketika akan memublikasikan web site, harus diketahui terlebih dahulu tentang web hosting. Harus mempertimbangkan kapasitas penyimpanan data yang disediakan,bahasa pemrograman yang didukung, juga biaya untuk menyewa web tersebut.
2.Mendaftarkan Domain Web Hosting
Setelah memiliki dokumen yang siap untu dipublikasikan, haruslah memiliki web server. Web server adalah lokasi untuk menempatkan halaman web dan data yang berhubungan dengan web site yang dibuat sehingga data dapat diakses dan dilihat oranglain.

I.Melakukan Upload

Apabila web site yang telah dirancang sudah selesai dan juga telah memiliki domain dan web hosting yang akan digunakan untuk menyimpan file-file, proses terakhir yang harus ditempuh agar web site dapat on line dan dapat dilihat orang lain adalah memindahkan file-file we site yang ada di komputer ke web hosting.
Proses transfer data dari computer ke web server (web hosting/komputer remote) dikenal dengan istilah upload. Untuk melakukan proses tersebut kita menggunakan software FTP (File Transfer Protocol). Pada saat melakukan proses transfer data, kamu harus berkomunikasi dengan komputer remote terlebih dahulu. Komputer remote akan mengecek keberadaan user name dan password yang kamu masukkan.
Read more

0 KEPRIBADIAN MANUSIA "PHLEGMATIS"

wahh udah lama nich ga posting SESUATU lagi.....

oke lah gak perlu panjang lebar lagi kita menuju pembahasan.... CEKIDOT.... :D
wkwkwk

kali ini aku mau membahas tentang kepribadian manusia tentunya...
Kepribadian manusia ada 4 yaitu

Sangunis, Melankolis, Koleris, Phlegmatis

Berhubung kepribadianku adalah PHLEGMATIS jadi yakali ini aku akan membahas phlegmatis.... hahahaha

Tuhan menciptakan watak Phlegmatis yang Damai sebagai orang istimewa untuk menjadi bantalan bagi emosi tiga watak lainnya, untuk memberikan kestabilan dan keseimbangan.
Orang Phlegmatis yang Damai meredakan rencana gila orang Sanguinis yang Populer. Orang Phlegmatis yang Damai tidak mau menjadi terlalu terkesan dengan keputusan cemerlang orang Koleris yang Kuat. Orang Phlegmatis yang Damai  tidak menganggap terlalu serius rencana rumit orang Melankolis yang Sempurna.
Orang Phlegmatis yang Damai adalah pemberi keseimbangan besar bagi kita semua, yang memperlihatkan kepada kita “Ini tidak penting sekali”. Dan dalam jangka panjang, memang itu tidak benar-benar penting.
Serba Guna. Orang Phlegmatis yang Damai adalah orang yang paling mudah dari semua watak untuk diajak bergaul. Sejak permulaan, bayi Phlegmatis yang Damai merupakan berkat bagi orangtuanya. Mereka akan menyenangkan untuk dimiliki, mereka akan berbahagia ditempatkan dimanapun juga, dan mereka akan memberi toleransi kepada jadwal yang fleksibel. Mereka menyukai teman-teman tetapi merasa berbahagia sendirian. Tidak ada apa pun yang rupanya mengganggu mereka, dan mereka suka mengamati orang yang lewat. Orang Phlegmatis yang Damai tidak menyinggung perasaan, tidak menarik perhatian orang lain kepada dirinya sendiri, dan dengan diam-diam melakukan apa yang diharapkan dari dirinya tanpa mencari penghargaan. Sementara orang Koleris adalah “Pemimpin bawaan sejak lahir”, orang Phlegmatis yang Damai adalah “Pemimpin karena belajar”, dan dengan motivasi yang semestinya bisa menanjak ke puncak karena kemampuannya yang menonjol untuk menyesuaikan diri dengan orang lain.
Kepribadian yang Rendah Hati. Orang Phlegmatis yang Damai begitu menyenangkan dan tidak ofensif sehignga menyenangkan berada di dekatnya dan setiap keluarga perlu mengimpor beberapa orang seperti itu, kalau mereka tidak kebetulan sudah melahirkan anak dengan watak tersebut.
Selalu Santai. Orang Phlegmatis yang Damai suka menghadapi persoalan dengan santai dan secara bertahap. Dia tidak ingin berfikir terlalu jauh ke depan.
Diam, Tenang dan Terkendali. Salah satu ciri khas orang Phlegmatis yang Damai yang mengagumkan adalah kemampuannya untuk tetap tenang berada di pusat badai. Kalau Sanguinis yang Populer menjerit, Melankolis yang Sempurna memberontak, Koleris yang Kuat berlari, orang Phlegmatis yang Damai tetap bersikap tenang. Dia mundur dan menunggu saat, dan kemudian bergerak diam-diam dan menuju arah yang benar. Emosi tidak menguasainya, kemarahan tidak memasuki hatinya. “Itu tidak layak diresahkan”, katanya.
Sabar – Baik Keseimbangannya. Orang Phlegmatis yang Damai tidak pernah tergesa-gesa, dan dia tidak pernah merasa terganggu oleh situasi yang mengganggu pikiran orang lain.
Berbahagia Menerima Kehidupan. Orang Phlegmatis yang Damai tidak memulai dengan harapan yang besar dan dengan demikian lebih mudah menerima ketidakpastian hidup. Dia mempunyai sifat pesimistis yang mendasar yang tidak menyebabkannya tertekan seperti orang Melankolis yang Sempurna, tetapi yang menjaganya tetap “realistis”.
Punya Kemampuan Administrasi. Orang Phlegmatis yang Damai adalah orang yang bisa menyesuaikan diri dengan siapa saja dan memiliki kemampuan mengurus administrasi.
Menengahi Masalah. Sementara manusia berjuang di perairan yang bergejolak, orang Phlegmatis yang Damai mengangkat kepalanya dan menenangkan samudera. Sementara orang lainnya berdebat supaya kemauannya dituruti, orang Phlegmatis yang Damai bisa duduk menjauh dan memberikan pandangan yang obyektif. Setiap rumah dan bisnis memerlukan sedikinya seorang Phlegmatis yang Damai untuk meninjau kedua belah pihak dan mengeluarkan jawaban yang tenang, kalem, dan terkendali.
Mudah Diajak Bergaul. Orang Phlegmatis yang Damai punya banyak teman karena mudah diajak bergaul, dan semua watak lainnya memerlukan teman seperti ini. Sebagai anak-anak dan remaja, orang Phlegmatis yang Damai jarang memberikan kesulitan kepada ibunya, dan menyenangkan sebagai teman. Hal ini berefek ia memiliki banyak teman.
Menjadi Pendengar yang baik. Alasan lainnya mengapa orang Phlegmatis yang Damai punya banyak teman adalah karena mereka adalah pendengar yang baik. Sebagai satu kelompok, orang Phlegmatis yang Damai suka mendengarkan daripada berbicara. Orang Phlegmatis yang Damai bisa tetap diam.
MASALAH-MASALAH ORANG PHLEGMATIS YANG DAMAI
——————————————-
Orang Phlegmatis yang Damai seperti tidak ada
Pemecahan : Berusaha membangkitkan semangat

Ingat! Milikilah Antusiasme…

Orang Phlegmatis yang Damai melawan perubahan
Pemecahan: Cobalah sesuatu yang baru
Orang Phlegmatis yang Damai tampaknya malas
Pemecahan 1 : Belajarlah menerima tanggung jawab hidup
Pemecahan 2 : Jangan menunda-nunda sampai besok apa yang bisa Anda lakukan hari ini
Pemecahan 3 : Motivasilah diri Anda
Orang Phlegmatis yang Damai punya kemampuan baja yang tenang
Pemecahan : Belajarlah mengkomunikasikan perasaan Anda

Ingat! Nyatakan perasaan Anda sebelum terlambat. Jangan sembunyikan lentera Anda di bawah semak-semak.

Orang Phlegmatis yang Damai tampaknya tidak berpendirian
Pemecahan 1 : Berlatihlah membuat keputusan
Pemecahan 2 : Belajarlah mengatakan “Tidak”

APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN JIKA BERTEMAN DENGAN ORANG PHLEGMATIS YANG DAMAI?!
——————————————-
  • Sadarilah mereka membutuhkan motivasi langsung
  • Bantulah mereka menetapkan tujuan dan memperoleh imbalan
  • Jangan mengharapkan antusiasme
  • Sadarilah bahwa menunda-nunda merupakan bentuk kontrol mereka secara diam-diam
  • Paksalah mereka membuat keputusan
  • Jangan menumpuk semua kesalahan pada mereka
  • Doronglah mereka untuk menerima tanggung jawab
  • Hargailah disposisi mereka yang merata

RINGKASAN KEKUATAN DAN KELEMAHAN PHLEGMATIS YANG DAMAI
========================================================
**EMOSI**
Kekuatan
————–
Kepribadian profil rendah
Mudah bergaul dan santai
Tenang dan teguh
Sabar, seimbang
Hidup konsisten
Tidak banyak cakap tetapi bijaksana
Simpatik dan baik hati
Menyembunyikan emosi
Senang menyesuaikan diri dengan kehidupan
Penuh tujuan
Kelemahan
—————-
Tidak antusias
Takut dan khawatir
Tidak pasti
Menghindari tanggung jawab
Berkemauan baja yang tenang
Mementingkan diri sendiri
Terlalu pemalu dan pendiam
Terlalu suka kompromi
Merasa benar sendiri

**KERJA**
Kekuatan
————–
Cakap dan mantap
Damai dan menyenangkan
Punya kemampuan administrasi
Menengahi masalah
Menghindari pertikaian
Baik di bawah tekanan
Menemukan cara yang mudah
Kelemahan
—————–
Tidak berorientasi tujuan
Kurang motivasi diri
Sulit bergerak
Tidak senang didesak-desak
Malas dan tidak peduli
Membuat orang lain merosot semangatnya
Lebih suka menonton

**TEMAN-TEMAN**
Kekuatan
————-
Mudah diajak rukun
Menyenangkan
Tidak suka menyinggung perasaan
Pendengar yang baik
Rasa humor yang tajam
Suka mengawasi orang lain
Punya banyak teman
Berbelas kasihan dan peduli
Kelemahan
—————-
Menghilangkan antusiasme
Tidak mau terlibat
Tidak menyenangkan
Tidak mempedulikan rencana
Menilai orang lain
Sarkatis dan mengejek
Menolak perubahan

berhubung jempelajaran TIK sudah habis....
cukup sekian posting kali ini...
terima kasih telah berkunjung ke blog saya..... :D

semoga bermanfaat.....
Read more
 
© Yusa Albiansyah | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger